Jalin kerjasama Bidang Budaya, Pemkab Batu Bara dan Siak Teken MoU.

 

Mediacakra89.com (SIAK)
– Miliki hubungan kekerabatan yang dekat pada zaman kesultanan Siak dan Kesamaan Budaya Melayu, Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Batu Barat Sumatera Utara, melaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), terkait kerjasama di bidang Pembangunan, dan Kebudayaan khususnya Budaya Melayu.

Bacaan Lainnya

MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Siak Alfedri dan Pejabat Bupati kabupaten Batu Bara Nizhamul, di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, kantor Bupati Siak, Minggu (9/6/2024).

Pada kesempatan ini, Alfedri mengucapkan syukur karena hari ini Pemerintah Kabupaten Siak bersama Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah menandatangani MoU terkait dengan kerjasama di bidang Pembangunan dan di bidang Budaya khususnya budaya Melayu.

“Alhamdulillah tadi kita sudah menandatangani Mou kesepakatan antara Pemkab Siak dan Pemkab Batu Bara baik dalam bidang Pembangunan maupun bidang kebudayaan khususnya budaya melayu, karena historinya dahulu banyak kesamaan budaya di Kabupaten Siak dan Kabupaten Batubara”, ujar Alfedri.

Alfedri berharap, penandatangan MoU ini tidak hanya berhenti sampai disini harus terus berjalan baik di dinas-dinas terkait khususnya Dinas Kebudayaan.

“Saya harap MoU ini bisa dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk Instansi maupun Dinas terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, agar saling berkomunikasi dengan Dinas Kebudayaan di Kabupaten Batubara, yang nantinya tercipta kerjasama yang baik dalam membangun budaya antara Kabupaten Siak dan Kabupaten Batubara dimasa yang akan datang,” harap Bupati Siak.

Selain itu, Bupati Alfedri mengucapkan selamat datang kepada Pj Bupati Batu Bara Provinsi Sumatera Utara beserta istri dan rombongan di Kabupaten Siak, dan tadi pagi juga berkesempatan hadir pada penabalan di LAMR Kabupaten Siak.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, kami mengucapkan selamat datang kembali kepada bapak Pj Bupati Batubara Nizhamul beserta istri, dan rombongan LAM Kabupaten Batu Bara yang hari ini juga ikut hadir pada penabalan gelar adat Datuk Seri Setia amanah dan Timbalan Setia Amanah kepada saya dan Wakil Bupati Siak Husni Merza,” ucap Alfedri.

Sementara itu, Pj Bupati Batubara Nizhamul mengatakan penandatangan Mou ini merupakan sejarah dan moment yang berharga bagi Kabupaten Batu Bara, mengingat kesamaan antara Kabupaten Siak dan Kabupaten Batubara sangat identik.

“Hari ini sejarah hubungan Kabupaten Siak dan Batubara kembali dibangun, kita tentunya berharap dengan ditandatangani kesepakatan ini menjadi tonggak yang baik yang menjadikan negeri kembar Kabupaten Batubara seperti cerita dahulu,” kata Nizhamul.

Pada kesempatan ini turut hadir Wakil Bupati Siak Husni Merza, Ketua Umum MKA LAM Kabupaten Siak Datuk Seri Wan Said, Ketua LAM Kabupaten Batubara, para Asisten Setda Kab. Siak dan Kab. Batubara, kepala OPD dilingkungan Pemkab Siak, para camat se kabupaten Siak.(Inf)